Selamat Datang di Zona berbagi Ge
Media Belajar dan Berbagi

Trik menghindari serangan Hacker

Beberapa waktu yang lalu Ge sempat lihat tayangan di Metro TV (maaf lupa acara apa). Di acara tersebut di ulas tentang hacker termasuk beberapa trik ringan. Ge gak akan terangkan apa itu hacker dan trik mengutak-atik barang orang lain tapi coba memberi trik bagaimana mengurangi peluang hacker yang bermaksud mengajak kita “bermain-main”.
• Biasakan untuk membuat backup file dan folder yang ada di kompie Anda, dan simpanlah ke dalam tempat terpisah dan di luar kompie tentunya.
• Lengkapi kompie Anda dengan firewall yang bagus untuk mencegah worm, Trojan, dan spyware. Ada beberapa aplikasi yang meminta Anda men-disable firewall, bijaksana dalam memutuskan apakah perlu mematikan fasilitas firwall atau tidak.
• Install anti virus dan rajin mengupdatenya.
• Hati-hati terhadap Active-X dan file JavaScript, karena sering digunakan hacker untuk menanamkan virus dan file berbahaya lainnya di program Anda.
• Bila kompie Anda terhubung dengan internet, biasakan menghapus ‘cookies’ yang ada,bik di Internet browser maupun account email .dengan cookies hacker melacak aktivitas online keseharian Anda. Anda dapat mengatur “Internet zone”, untuk “high” dan tab “trusted sites” dengan level keamanan “medium low”.
• Jangan biasakan membuka attachment, atau email attachment yang tidak Anda ketahui asal usulnya, bila anda mendapatkannya (contoh email dari teman), mengkonfirmasikan hal tersebut dengan teman yang mengirim merupakan tindakan yng bijaksana.
• Jangan main download aja bila ketemu program yang kita terima atau cari. Download dan jalankan program dari situs atau tempat yang Anda percaya. Bila kompie kita suspect virus akn lebih bijaksana untuk tidak mengirim file yang ada di kompie kita ke orang lain.
• Pastikan koneksi Internet terputus sebelum kita memutuskan untuk me-Log Off, hibernate, stand by maupun shutdown. Mematikan kompie merupakan langkah terbaik, karena hacker tidak dapat mengganggu sistem kompie Anda dalam keadaan kompie mati.
Moga bermanfaat


~Jazakillah Telah meluangkan Waktu berharga Anda untuk membaca Tulisan saya ~

* Jangan Lupa Komentarnya yach *
0 komentar:

Post a Comment

My photo
Indonesia
Newbie yang Miskin ilmu & Gaptek di dunia Blogger & Web yang masih belajar dan terus belajar, Ingin berbuat dan membuat suatu yang bermanfaat untuk orang lain.
~ Isy Karriman Au Mutsyahiidin ~
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Ingin Posting terbaru dari Ge

Masukkan alamat email anda:

kerja sama dengan FeedBurner


Anda Tamu Ke :

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x