Selamat Datang di Zona berbagi Ge
Media Belajar dan Berbagi

HDDkoe Knapa yach??

Label:
Gak nyaman juga gak bisa berbagi jadi Ge bocorin dikit hasil ikut kursus teknisi 3 tahun lalu
Mungkin temen-temen pernah ngalamin HDD rusak, pas dibawa ke teknisi di suruh ganti (kebanyakan gitu soalnya biar untung, dulu Ge cari duitnya jg gitu kerja ringan hasil lumayan wakakaka) Walo halal yang terima servis jangan ikutan ya kasihan customernya. Bagi yang belum beruntung, sebelum di bawa ke “bengkel” coba dulu yang ini.
Kerusakan yang terjadi disebabkan Bad sector.
- Coba gunakan perintah FORMAT C:/C (contoh drive C). /C digunakan untuk membersihkan cluster yg rusak atau bisa juga dengan memakai program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk, minta bantu om google ja kalo gak punya
Bila masalah belum terselesaikan, coba gunakan software HDDREG, om google dengan ikhlas akan membantu.
Bila cara di atas tidak membantu coba HDD di Low Level Format (diposisikan sama dengan pada saat keluar dari pabrik jadi jangan harap data ketolong)
Kalo masalah gak mo diusir dengan semua cara di atas jangan kecewa dulu, potong dan bagi sector yang rusak dan manfaatkan sector yang masih bagus (lebih baik bro dari pada gak bisa dipake sama sekali)
Masih gak bisa juga???ambil palu trus pukul sekeras-kerasnya dan teriak MENJENGKELKAN.kenapa gitu??karena Ge angkat tangan

Kerusakan yang terjadi menyebabkan Partisi Harddisk dan Data hilang. Ge pernah gak tidur 2 hari 2 malam karena masalah ini, kebetulan kompie konsumen mana gak di back up dan yang ilang data skripsi lagi, rasanya pengen nangis dan bilang: mbak servis tempat lain aja ntar saya yang bayar deh. Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility (ge karena salah ngoperasikan Partition Magic). Oh ya partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux.
- Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager
- Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, atau kawan-kawannya klo ge lebih suka pake Recover4all Professional (gak promosi lo).
Kerusakan yang disebabkan oleh Firmware yang bermasalah..
Kerusakan ini menyebabkan harddisk terdeteksi di BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer melakukan POST. Solusinya download program Firmware dari website merk harddisk tersebut and upgrade deh. Kerusakan ini sering terjadi pada harddisk merk Maxtor (bukannya karena sentiment ya)
Kerusakan yang tidak diketahui sebabnya
Kerusakan yang menyebabkan Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. butuh ilmu elektronik dan eksperimen untuk utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Perlu diketahui dan diingat ada ruang hampa udara di HDD, bila casing HDD di buka oleh yang bukan ahlinya HDD akan beresiko cepat panas gak lucu kan masalah selesai trus HDD meleleh atau terbakar. Jadi untuk masalah yang satu ini bawa ja ke ahlinya atau ganti aja atau buang ke laut.
Mudah2an bermanfaat



~Jazakillah Telah meluangkan Waktu berharga Anda untuk membaca Tulisan saya ~

* Jangan Lupa Komentarnya yach *
0 komentar:

Post a Comment

My photo
Indonesia
Newbie yang Miskin ilmu & Gaptek di dunia Blogger & Web yang masih belajar dan terus belajar, Ingin berbuat dan membuat suatu yang bermanfaat untuk orang lain.
~ Isy Karriman Au Mutsyahiidin ~
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Ingin Posting terbaru dari Ge

Masukkan alamat email anda:

kerja sama dengan FeedBurner


Anda Tamu Ke :

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x